Artikel

Kaitan Asam Urat dan Kolesterol Penting untuk Diketahui

28 Nov 2022

Menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah sebuah kewajiban jika Anda ingin hidup sehat. Pasalnya, kadar asam urat yang tinggi dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Salah satunya adalah peningkatan kolesterol. Meski sekilas asam urat dan kolesterol tidak berhubungan, ternyata keduanya berkaitan.

Adakah kaitan antara asam urat dan kolesterol?

Sebelum memahami kaitan antara asam urat dan kolesterol, ada baiknya bila Anda mengetahui apa itu asam urat dan kolesterol.

Asam urat adalah senyawa yang terbentuk dalam tubuh ketika tubuh mencerna purin yang dihasilkan tubuh atau dikonsumsi seseorang. Setelah itu asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui air seni.

Bila tubuh tidak mampu mengeluarkan asam urat atau memproduksi terlalu banyak asam urat, maka Anda akan mengalami penumpukan asam urat yang disebut hiperurisemia atau asam urat tinggi. Penumpukan ini bisa terjadi di ginjal maupun sendi-sendi tubuh.

Sementara itu, kolesterol adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-selnya. Namun, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat dan HDL atau yang dinamakan kolesterol baik. Kadar kolesterol yang tinggi umumnya merujuk pada tinggi kadar kolesterol jahat LDL yang mampu menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

Jika begitu, di mana kaitan antara asam urat dan kolesterol? Kaitannya adalah asam urat sepertinya menjadi indikator dari kolesterol yang tinggi. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami sindrom metabolik (kadar kolesterol HDL yang rendah) juga memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti kaitan antara asam urat dan kolesterol. Meskipun demikian, tidak ada salahnya Anda memeriksa kolesterol dan tekanan darah saat mendapati kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

 

Bagaimana cara memeriksa asam urat dan kolesterol?

Agar kesehatan Anda selalu terpantau, tak ada salahnya untuk memeriksa kadar asam urat dan kolesterol untuk mengurangi risiko terkena penyakit tak diinginkan.

Sekarang ini mengecek asam urat dan kolesterol sudah mudah. Anda bisa memeriksanya di apotek. Namun, jika ingin hasil yang lebih akurat Anda bisa memeriksanya di laboratorium. Umumnya, Anda diharuskan untuk berpuasa makan dan minum selama empat jam sebelum tes dilakukan.

Jika ingin melakukan pemeriksaan hindari mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu sebelum melakukan tes darah agar senyawa dalam obat atau suplemen tidak mengacaukan hasil pemeriksaan tes darah.

Tes asam urat yang normal akan memperlihatkan hasil di rentang 3,5 sampai 7,2 mg/dl. Jika hasil tes tidak normal, Anda mungkin dapat mempertimbangkan memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda.

Kadar kolesterol disebut normal jika berada di bawah 200 mg/dL. Sedangkan nilai normal LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL adalah lebih dari 60 mg/dL.

 

Bagaimana cara mengatur kolesterol agar tetap normal?

Mengetahui kaitan antara asam urat dan kolesterol dapat memberikan Anda suatu pemikiran baru, tetapi hal yang paling penting yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kolesterol tidak naik melebihi batas.

Kunci dari menjaga kolesterol adalah menerapkan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga dapat membantu Anda mengurangi berat badan berlebih yang berpotensi meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi. Tidak hanya itu saja, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik HDL.

Sebaiknya berolahraga setidaknya selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Anda juga bisa meningkatkan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan, bersepeda, dan sebagainya.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

Olahraga tetap perlu diimbangi dengan pola makan yang benar. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi imbang dengan fokus pada makanan yang berserat, rendah lemak tersaturasi dan lemak trans, serta kaya asam lemak omega-3.

Makanan yang mengandung omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia untuk dapat menormalkan asam urat dan kolesterol Anda.

3. Kurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secukupnya saja karena konsumsi berlebih justru dapat menambah peluang Anda mengalami kondisi medis yang serius, seperti gagal jantung, stroke, dan penyakit jantung.

4. Berhenti merokok

Jangan salah, berhenti merokok dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding pembuluh darah arteri, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

5. Kontrol berat badan

Menjaga berat badan ideal bisa jadi salah satu solusi agar kolesterol Anda tidak meningkat. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjalani diet sehat agar dapat menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kolesterol.

 

Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/apa-kaitan-asam-urat-dan-kolesterol

label icon
home 2
Actively Moving to Prevent Cancer
08 Jun 2016
label icon
home 2
Healthy Living with Eating Vegetables and Fruits
20 Sep 2018
label icon
home 2
8 Secrets to Achieving a Successful Career
27 Sep 2018
label icon
home 2
Insurance & Investment, What's the Difference?
20 Apr 2022