Artikel

Asuransi & Investasi, Apa Saja Bedanya Yaa?

Setiap orang harus menyesuaikan perencanaan keuangan mereka sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. 20 Apr 2022

Di zaman sekarang ini, Asuransi dan Investasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Meskipun tindakan menyimpan sebagian dari apa yang dihasilkan pada hari ini dan ditabung untuk masa depan dianggap sebagai sebuah langkah yang cerdas, banyak juga yang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa Asuransi dan Investasi adalah hal yang sama.

Bahkan banyak diantara kita yang menganggap bahwa perencanaan investasi atau asuransi yang dimiliki oleh seseorang pasti akan cocok untuk orang lain. Pada kenyataannya kebutuhan dan kemampuan tiap-tiap orang atau keluarga adalah berbeda-beda. Setiap orang harus menyesuaikan perencanaan keuangan mereka sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Biar gak gagal paham, yuk, kita simak beberapa perbedaan Asuransi dan Investasi:

  • Tujuan

Asuransi bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada seseorang atau keluarga dari berbagai bentuk kerugian finansial yang dapat terjadi sewaktu-waktu, baik berupa kehilangan jiwa, kerusakan harta benda, maupun gangguan kesehatan.

Investasi bertujuan untuk mendapatkan pengembalian seluruh uang atau aset, yang telah diberikan ke pihak ketiga, beserta dengan keuntungannya pada satu waktu yang telah disepakati di masa depan.

  • Hasil yang didapat

Asuransi memberikan proteksi atau perlindungan yang bisa dinikmati selama masa pertanggungan. Pada asuransi jiwa, Anda bisa mendapatkan Uang Pertanggungan sebesar yang disepakati antara kamu (Tertanggung) dan Perusahaan Asuransi (Penanggung). Sedangkan untuk asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perlindungan/penggantian biaya perawatan (rawat inap).

Investasi memberikan pengembalian aset atau uang yang diinvestasikan dan imbal hasil dari investasi berdasarkan kondisi yang memengaruhi investasi, contoh: saat investasi di mata uang asing, emas, atau saham maka nilai uang atau aset akan terpengaruh oleh harga dari investasi.

  • Berdasarkan fleksibilitas manfaat

Anda bisa menggunakan hasil dari Asuransi hanya ketika faktor risiko yang dipertanggungkan terjadi. Sedangkan, hasil dari Investasi bisa Anda dapatkan kapan saja, sesuai dengan pertimbangan atau kebutuhan Anda.

Setelah penjelasan di atas, semoga Anda semakin mengerti mengenai perbedaan Asuransi dan Investasi. Membeli Asuransi tidak bisa melipatgandakan uang Anda karena Asuransi tidak memiliki konsep pengembangan uang sebagaimana halnya Investasi. Konsep dari asuransi adalah perlindungan/antisipasi atas risiko yang dapat muncul diluar dugaan. Jadi bagaimana, sudahkah Anda memiliki perlindungan Asuransi?

Kunjungi https://www.panindai-ichilife.co.id/ atau hubungi Customer Care kami di (021) 25566788 untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai manfaat produk asuransi jiwa dari kami. Sebarkan informasi ini ke rekan-rekan dan keluarga lainnya agar mereka juga teredukasi mengenai manfaat produk asuransi jiwa. Lebih bijak dan lebih #PahamiPerlindunganmu ya.

 

Sumber:

Dilansir dari berbagai sumber

label icon
home 2
Actively moving to prevent cancer
08 Jun 2016
label icon
home 2
Healthy Living with Eating Vegetables and Fruits
20 Sep 2018
label icon
home 2
8 Secrets to Achieving a Successful Career
27 Sep 2018