Customer Services

FAQ

Berikut beberapa informasi sesuai kebutuhan Anda

KEPUTUSAN TEPAT UNTUK SENANTIASA TERPROTEKSI DI TENGAH COVID-19

Kecemasan akan Pandemi COVID-19 juga telah mempengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan yang terus turun. Namun kami menyarankan Anda untuk tetap tenang dan senantiasa menjaga kelanjutan program perlindungan dengan Panin Dai-ichi Life sesuai profil risiko dan tujuan keuangan Anda.
 

Kondisi ekonomi sekarang apakah bisa membaik atau akan semakin buruk di kemudian hari? 
Penyebaran COVID-19 yang semakin cepat dibandingkan respon dari pemerintah untuk pencegahannya, akan berpengaruh pada aktivitas ekonomi di Indonesia. Hal ini berdampak kepada pertumbuhan ekonomi yang melambat dan mempengaruhi pertumbuhan laba perusahaan publik di Indonesia. Aktivitas ekonomi akan kembali normal setelah dampak ekonomi dan dampak penyebaran COVID-19 mereda. Namun demikian volatilitas pada pasar saham akan terus hadir karena recovery dari penurunan harga saham akibat shock yang terjadi cenderung membutuhkan waktu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan masa penurunannya. Beberapa kebijakan baik itu bersifat moneter, fiskal, dan teknis telah diambil oleh badan terkait baik itu pemerintah, Bank Indonesia, OJK, perusahaan publik, serta pemangku kepentingan yang lain guna menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi.


Selain merebaknya COVID-19, masih ada isu resesi. Bagaimana jika dibandingkan dengan krisis finansial 2008?
Krisis 2008 terjadi karena gagal bayar instrumen pasar modal di Amerika Serikat yang berhubungan dengan Kredit Perumahan (mortgage), sehingga memang terjadi krisis kepercayaan di pasar modal. Perlu dicermati data-data ekonomi dan laporan keuangan perusahaan publik yang dijadwalkan keluar di akhir Maret dan akhir April untuk kemudian mengambil kesimpulan terhadap ada tidaknya resesi akibat COVID-19. 


Apakah dampak  COVID-19 akan menyebabkan pelemahan ekonomi Indonesia dan berimbas terhadap penurunan akumulasi nilai dana nasabah? 
Performa dari nilai akumulasi dana mengacu pada performa pasar modal. Apabila kasus COVID-19 berefek negatif terhadap pasar modal Indonesia, maka hal ini dapat berpengaruh negatif terhadap nilai akumulasi dana nasabah. Performa pasar modal mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya dimana faktor utama yang mendasari hal tersebut adalah situasi dan kondisi ekonomi di Indonesia dan sentimen-sentimen pasar. Namun perlu diingat, pelemahan di pasar modal saat ini dapat membuka peluang untuk tetap menjaga akumulasi dana sesuai dengan profil risiko masing-masing. Dengan tetap menjaga polis yang ada untuk tetap aktif, imbal hasil dari penambahan akumulasi dana sekarang ini akan menjadi lebih maksimal pada periode ke depan.


Dalam kondisi saat ini, pilihan jenis dana apakah yang disarankan? 
Cash Fund atau jenis dana Pasar Uang memberikan imbal hasil yang stabil pada saat-saat seperti ini, namun memiliki potensi imbal hasil setara deposito. Fixed Income (Bond) Fund adalah jenis dana Obligasi yang memberikan potensi imbal hasil setara dengan performa obligasi Negara Indonesia; jenis dana Obligasi memiliki risiko pergerakan harga yang lebih kecil dari jenis dana saham. Managed Fund merupakan jenis dana campuran, yang terdiri dari pendapatan tetap (obligasi) dan saham. Equity Fund atau jenis dana Saham telah mengalami penurunan dalam, sehingga berpotensi memberikan imbal hasil positif yang signifikan apabila kekhawatiran terhadap penyebaran COVID-19 telah mereda. Jenis dana memberikan imbal hasil yang tinggi dimana sesuai dengan risiko pergerakan harga yang tinggi pula. Kesesuaian antara profil risiko nasabah dengan pilihan jenis dana menjadi kunci yang utama. Diversifikasi portofolio melalui aset alokasi yang sesuai dengan profil risiko perlu dilakukan guna menyelaraskan kebutuhan imbal hasil yang diperlukan dengan tingkat risiko yang mampu diambil. Produk Unit Link adalah produk Asuransi Jiwa yang mengawinkan fungsi proteksi dan penanaman modal dengan mengedepankan fungsi proteksi jiwa & kesehatan dengan jangka waktu proteksi yang panjang, sehingga nasabah dapat memperoleh manfaat di masa depan sepanjang nasabah melakukan pembayaran premi.


Langkah apa yang harus diambil jika pasar modal terus melemah dan mempengaruhi akumulasi dana yang telah disiapkan untuk pembayaran proteksi?
Di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini, ketika pasar modal terus melemah, mungkin sulit untuk memutuskan apakah akan melanjutkan program perlindungan atau tidak, belum lagi harus memikirkan pembayaran biaya proteksi. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa berdasarkan data historis terhadap beberapa krisis di masa lampau di mana pasar modal Indonesia juga sempat melemah dan terbukti mampu bangkit kembali. Saat ini pemerintah telah mengambil langkah tanggap dan cepat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) juga telah melakukan hal yang sama dengan tujuan untuk meredam gejolak pasar modal dan keuangan. Oleh sebab kami sarankan Anda untuk selalu menjaga polis Asuransi Anda agar tetap aktif. Baik itu melalui mekanisme pembayaran premi berkala atau top up berkala.


Bagaimana cara pengelolaan dana di Panin Dai-ichi Life?
Dalam pengelolaan dana unit link, Panin Dai-ichi Life menunjuk mitra fund manager yang terkemuka dan terpercaya di industri pasar modal.  Keuntungan yang didapat dari pengelolaan oleh multi fund manager adalah strategi diversifikasi yang memanfaatkan kelebihan dan keunikan masing-masing  strategi pengelolaan reksadana dari beragam mitra fund manager. Proses pemilihan mitra fund manager kami lakukan melalui due diligence yang komprehensif baik secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, penilaian kami terhadap fund manager antara lain meliputi filosofi perusahaan fund manager, proses pembentukan portofolio, pengalaman dan kecakapan dari masing-masing personel. Sedangkan secara kuantitatif antara lain meliputi konsistensi dari kinerja pengelolaan dana di masa lampau, tingkat risiko berbanding dengan tingkat keuntungan yang dihasilkan, frekuensi transaksi dari portofolio, serta pertimbangan kuantitaif lainnya. 


Bursa Efek Indonesia menerapkan sistem trading halt apabila IHSG turun lebih dari 5%.
Bagaimana dengan pengelolaan dana yang ada pada Panin Dai-ichi Life?

Trading halt oleh BEI secara otomatis akan berpengaruh pada saham-saham yang ada di dalam unit link fund saham. Sehingga nilai aset juga akan terlindungi dari penurunan signifikan di pasar saham. Kami telah melakukan realokasi dari aset-aset yang berisiko tinggi, dan memiliki kinerja buruk, menjadi alokasi pada reksadana saham yang menjadi acuan IHSG, sehingga hal ini akan meminimalkan tingkat penyimpangan kinerja dari IHSG. Penggunaan Reksadana Indeks dan ETF (Exchange Traded Fund) Indeks sejalan dengan strategi pengelolaan dana yang berusaha memiliki performa yang relatif sama dengan performa Indeks Harga Saham.


Apakah Panin Dai-ichi Life dapat bertahan dalam krisis global ini?
Menurut pandangan kami, krisis yang terjadi karena COVID-19 hanya bersifat sementara, dan paling berpengaruh pada kinerja instrument pasar modal. Namun, dengan permodalan yang kuat serta pengelolaan dana yang baik sesuai dengan aturan dan regulasi dari OJK, maka Panin Dai-ichi Life sebagai perusahaan Asuransi Jiwa, optimis dapat tetap bertahan di tengah kondisi ini. Dibuktikan dengan rasio solvabilitas yang baik pada angka RBC (Risk-Based Capital) 1649%*. Yang dimana berada jauh di atas batas minimum yang ditentukan oleh OJK pada level rasio RBC 120%.

*Source : Audited RBC December 2019

Bagaimana bila saya ingin mengetahui harga unit fund saya?

Harga unit diterbitkan setiap hari kerja bursa di harian Bisnis Indonesia, Seputar Indonesia, Investor Daily, Kontan dan Bisnis Medan. Bapak/Ibu dapat membaca langsung di media-media tersebut atau menghubungi Customer Care Panin Dai-ichi Life di (021) 255 66 788 setiap hari kerja (Senin s/d Jumat) jam 08.30 - 17.30 WIB.

Apakah ada laporan tentang nilai investasi dari polis saya ?

Kami akan menerbitkan Pernyataan Transaksi setiap kali ada transaksi yang dilakukan, misalnya pembayaran premi yang ada alokasi pembelian unit, withdrawal/penarikan dana sebagian, single top up/penambahan dana, switching / pengalihan dana investasi.

Bila saya tidak melakukan transaksi, apakah saya tidak akan mendapatkan laporan tentang nilai investasi polis saya ?

Bapak/Ibu, tetap akan mendapatkan Laporan Transaksi Tahunan yang kami kirimkan setahun sekali yaitu untuk perkembangan investasi Januari sampai dengan Desember tahun sebelumnya yang akan dikirimkan pada bulan Januari.

Apakah saya dapat melakukan perubahan polis ?

Perubahan dapat diajukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan dengan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.

Bagaimana cara melakukan perubahan polis ?

· Menghubungi agen atau kantor pemasaran setempat atau Customer Care.

· Mengisi Formulir Perubahan Polis dan atau Formulir Perubahan Manfaat Pertanggungan.

· Melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

Bagaimana cara membaca pernyataan transaksi ?

Panduan Membaca Pernyataan Transaksi Unitlinked

Non Syariah disini

Syariah disini

Bila saya melakukan pembayaran premi lanjutan, apakah saya tetap harus konfirmasi ke Panin Dai-ichi Life ?

Pemberitahuan pembayaran premi ke Panin Dai-ichi Life sangat disarankan karena untuk memastikan dana sudah diterima dan diproses. Konfirmasi dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Care Panin Dai-ichi Life di nomor (021) 255 66 788 atau Fax (021) 255 66 889 atau email customer[at]panindai-ichilife.co.id

Bagaimana cara melakukan pembayaran polis ?

Kartu Kredit

Berlaku bagi pemegang kartu kredit Visa, Master, dan BCA Card. Jadwal pendebetan akan dilakukan pada tanggal 5, 15, dan 26 setiap bulannya serta tidak dikenakan biaya apapun. Jadwal pendebetan akan disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo terdekat. Pastikan batas kredit anda mencukupi pada saat pendebetan dilakukan.

Khusus pembayaran melalui Kartu Kredit Online (Visa, Master dan JCB), pendebetan akan dilakukan di setiap tanggal jatuh tempo polis. Apabila pendebetan tidak berhasil, maka akan dicoba debet kembali di hari berikutnya.

Untuk mendapatkan surat kuasa pendebetan, silahkan download dan akses disini atau hubungi Customer Care di 021 – 25566788.

Catatan : 
Khusus Kartu Kredit Online, surat kuasa yang diisi oleh Pemegang Kartu adalah Surat Kuasa Kartu Kredit Online, tanpa harus melampirkan copy kartu kredit. 

Kelengkapan dokumen berupa Surat Kuasa beserta lampiran copy kartu kredit dan copy kartu identitas dapat dikirimkan ke Policy Services Department : 
Panin Life Center, 6th Fl 
Jl. Letjend S. Parman Kav. 91, Slipi, Jakarta 11420 – Indonesia

Autodebet

Berlaku bagi pemilik rekening di Bank Panin, BCA, BNI, BRI dan Bank Syariah Indonesia. Jadwal Pendebetan akan dilakukan pada tanggal 5, 10, 15, dan 26 setiap bulannya serta tidak dikenakan biaya apapun. Jadwal pendebetan akan disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo terdekat. Pastikan dana Anda mencukupi pada saat pendebetan dilakukan.

Berlaku bagi pemilik rekening Bank Mandiri, pengajuan pendebetan rekening dapat dilakukan melalui aplikasi Connect by Panin Dai-ichi Life. Pendebetan akan dilakukan sesuai tanggal jatuh tempo polis.  Apabila pendebetan tidak berhasil, maka pendebetan akan dilakukan Kembali pada hari berikutnya sampai masa leluasa (Grace Period) berakhir.

Surat Kuasa Pendebetan Rekening dapat diunduh pada website Panin Dai-ichi Life, klik disini atau hubungi Customer Care melalui telepon nomor 021-25566788.

Kelengkapan dokumen berupa Surat Kuasa Pendebetan Rekening, copy buku Tabungan halaman I, copy kartu identitas dan copy kartu ATM (khusus BCA) dapat dikirimkan kepada:
PT Panin Dai-ichi Life
U.P.: Policy Service Department Panin Life Center, 6th Fl.
Jl. Letjend. S. Parman Kav. 91, Slipi, Jakarta 11420, Indonesia

Virtual Account

Kini membayar premi Polis asuransi Anda semakin nyaman, mudah, dan fleksibel dengan menggunakan fasilitas Virtual Account atau Nomor Rekening Polis (NRP). Keunggulan NRP adalah Anda dapat bertransaksi dimana saja, kapan saja sesuai dengan waktu dan kebutuhan Anda. Dana lebih cepat diidentifikasi sehingga dapat segera diproses.

Setiap polis akan mempunyai NRP yang unik dimana nomor rekening akan menggunakan nomor yang sama dengan NOMOR POLIS Anda sendiri. NRP terdiri dari 16 digit dengan komposisi sebagai berikut:

I. ATM PANIN BANK DAN PERMATA BANK

1. Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM.
2. Pilih Bahasa.
3. Masukkan nomor PIN Anda.
4. Pilih menu ”Transaksi lainnya”.
5. Pilih menu ”Pembayaran”.
6. Pilih menu ”Layar Berikutnya”.
7. Pilih menu ”Virtual Account”.
8. Masukkan Nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
9. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayar, lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
10. Konfirmasi apakah ingin melakukan transaksi lainnya, tekan”Ya” untuk melanjutkan transaksi berikutnya,
tekan ”Tidak” untuk selesai.
11. Simpan struk ATM sebagai BUKTI PEMBAYARAN.

II. ATM BCA

1. Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM.
2. Pilih Bahasa.
3. Masukkan nomor PIN Anda.
4. Pilih menu ”Transaksi lainnya”.
5. Pilih menu ”Transfer”.
6. Pilih menu ”Ke Rek BCA Virtual Account”. 
7. Masukkan Nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
8. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayar, lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
9. Konfirmasi dan periksa kembali apakah data pembayaran sudah benar, kemudian lanjutkan dengan tekan ”Ya”.
10. Konfirmasi apakah ingin melakukan transaksi lainnya, jika ”Ya”.
11. Simpan struk ATM sebagai BUKTI PEMBAYARAN.

III. ATM BANK SYARIAH INDONESIA

1. Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM.
3. Masukkan nomor PIN Anda.
4. Pilih menu ”Pembayaran”.
5. Pilih menu ”Institusi”.
6. Masukkan Nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Benar/Selanjutnya”.
7. Kemudian tampil informasi data transaksi anda, pastikan data sudah benar, kemudian pilih BENAR/YA.
8. Selanjutnya akan tampil informasi transaksi transfer Anda Berhasil.
9. Nasabah akan memperoleh struk sebagai BUKTI PEMBAYARAN, mohon disimpan.

IV. ATM BERSAMA

1. Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM.
2. Pilih Bahasa.
3. Masukkan nomor PIN Anda.
4. Pilih menu ”Transfer”.
5. Pilih menu ”Transfer ke Bank ATM Bersama atau Bank Lain”.
6. Masukkan kode sandi bank tujuan 019 (Panin Bank) / 013 (Permata Bank) dilanjutkan dengan Nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Benar”. 
7. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayar, lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
8. Pilih kembali ”Benar” atas permintaan input data untuk melanjutkan transaksi.
9. Konfirmasi dan periksa data transaksi yang telah diinput, tekan ”Ya” apabila semua data sudah sesuai.
10. Konfirmasi apakah ingin melakukan transaksi lainnya, tekan ”Ya” untuk melanjutkan transaksi berikutnya, tekan ”Tidak” untuk selesai.
11. Simpan struk ATM sebagai BUKTI PEMBAYARAN.

V. ATM PRIMA

1. Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM.
2. Pilih Bahasa.
3. Masukkan nomor PIN Anda.
4. Pilih menu ”Transaksi Lainnya”.
5. Pilih menu ”Transfer”.
6. Pilih menu ”Ke Rekening Bank Lain”. 
7. Masukkan kode sandi bank tujuan 013 (Permata Bank), lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
8. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayar, lanjutkan dengan tekan ”Benar”.
9. Masukkan Nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Benar”
10. Konfirmasi data transaksi yang telah diinput, tekan ”Ya” apabila semua data sudah sesuai.
11. Simpan struk ATM sebagai BUKTI PEMBAYARAN

VI. E-BANKING

Untuk bank Anda yang telah memiliki fasilitas E-Banking, maka pembayaran dengan Nomor Rekening Polis bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut (contoh untuk Klik BCA):
1. Buka www.klikbca.com
2. Masukkan login dan PIN Anda.
3. Pilih menu ”Transfer Dana”.
4. Pilih menu ”Transfer Ke Rek BCA Virtual Account”.
5. Masukkan nomor Rekening Polis (16 digit), lanjutkan dengan tekan ”Lanjutkan”. 
6. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayar.
7. Masukkan respon key BCA dengan token dan selanjutnya transaksi pengiriman akan diproses.
8. Periksa hasil transaksi pembayaran.
9. Silahkan cetak/simpan hasil transaksi sebagai BUKTI PEMBAYARAN.


Setor Tunai Melalui Teller Panin Bank

Premi Lanjutan
Saat ini Nasabah tidak perlu repot lagi mengisi slip setor karena dapat langsung menuju Teller dan menginformasikan Nomor Rekening Polis untuk membayar Premi Lanjutan.

Nomor Rekening Polis (NRP) adalah transaksi virtual account yang memiliki 16 digit dan terdiri dari 888800 + 10 digit nomor polis. Dengan demikian setiap polis akan mempunyak 1 nomor unik yang disamakan dengan nomor polisnya.

Rekening ini diberikan KHUSUS untuk pembayaran Premi Lanjutan bagi polis Unit Linked dengan mata uang Rupiah dan cara bayar Transfer

Untuk polis dengan mata uang US Dollar, pembayaran premi dapat ditujukan ke Panin Bank cabang Palmerah :




Top Up Tunggal

Khusus untuk polis dollar , bisa setor ke rekening berikut :


Transfer Melalui Teller Bank Lain

Untuk melakukan pembayaran premi melalui Teller bank lain, Nasabah dapat mengisi slip transfer dari bank dimana Nasabah ingin bertransaksi. Dengan pengisian data pada slip transfer, sebagai berikut :

Rekening Penerima     :    NRP (888800 + 10 digit nomor polis)
Nama Penerima           :    Nama Pemegang Polis
Bank Penerima            :    Panin Bank

Catatan :
Untuk memastikan transaksi transfer ini berhasil, hal yang perlu diperhatikan dalam pembayaran ini adalah pastikan Nama Penerima sudah sesuai penulisannya dengan Nama Pemegang Polis yang tercantum dalam polis.
 

Online Payment

Untuk Pembayaran Premi Lanjutan

Transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit Anda yang dilakukan secara langsung melalui portal Customer Connect yang dapat diakses melalui website www.panindai-ichilife.co.id.

Untuk memastikan keberhasilan pendebetan, pastikan kartu kredit dalam keadaan aktif dan pagu kredit mencukupi. Jika diperlukan, hubungi bank penerbit kartu kredit sebelum melakukan transaksi.

Notifikasi atas transaksi pendebetan yang berhasil merupakan bukti pembayaran premi polis dan dapat dilihat pada kolom inbox Customer Connect.

Apabila Anda belum terdaftar sebagai pengguna Customer Connect,silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi Customer Care di 021-25566788 atau email Customer@panindai-ichilife.co.id.

Untuk pendaftaran customer connect polis nasabah harus memiliki alamat email.

Cara mengajukan pendaftaran e-mail :

  • Mengajukan Formulir Perubahan Minor dengan mencantumkan nomor HP dan alamat email yang aktif digunakan. Silahkan Klik disini untuk mengunduh formulir  yang dibutuhkan
  • Lampirkan dokumen di atas  bersamaan dengan fotokopi identitas diri

Klik disini untuk melihat Panduan Pembayaran Premi Lanjutan secara online melalui Customer Connect

Apa itu Amnesti Pajak?

Baca Petunjuk Pernyataan Transaksi disini.

Complaint Procedure

Panin Dai-ichi Life is committed to serve its customer by providing the best service and solutions to meet customers' needs.

In order to improve our services to customers, we would greatly appreciate all suggestions and complaints given to us.

If you find any discrepancy in our services or procedure, you can submit a complaint to us. We will look up each and every complaint you give to us and follow up by providing with the best solution.

 

Complaint Procedure

You can submit a complaint by contacting our Customer Care Service at the following address :  

Customer Care

Panin Dai-ichi Life

Jl.Letjend. S. Parman Kav 91, 5th Floor

Jakarta 11420, Indonesia

Tel          : +62 21 255 66 788

Fax        : +62 21 255 66 889

Email     : customer@panindai-ichilife.co.id

Working hour Customer Care Monday – Friday from 08.30 – 17.30 WIB except for National Holidays.