Artikel

Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Sayur dan Buah

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah 20 Sep 2018

Padatnya aktivitas terkadang membuat kita lupa atau tidak sempat untuk mejaga kesehatan. Terlebih lagi bila aktivitas sehari-hari kita banyak dihabiskan dengan kurang bergerak seperti duduk menatap layar komputer dan ditambah dengan seringnya memakan makanan cepat saji seperti junk food, gorengan atau cemilan yang banyak mengandung bahan pengawet.

 

Mungkin dampaknya tidak akan terlihat secara langsung, tapi baru akan terlihat nanti setelah beberapa tahun kemudian dengan terkena berbagai macam penyakit yang tentunya tidak kita inginkan. Untuk mengurangi risiko tersebut, mulai dari sekarang kita harus menyempatkan diri untuk menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan rajin mengonsumsi makan-makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan.

 

Berikut beberapa sayur dan buah-buahan yang bisa kita dapatkan di sekitar untuk dikonsumsi serta kandungannya yang dapat membantu menjaga kesehatan kita:

 

1. Wortel 

Sayur yang paling disukai oleh kelinci ini merupakan sayuran yang kaya akan pro-vitamin A karoten dan senyawa antioksidan, kandungannya ini dapat membantu penglihatan kita. Selain itu, wortel juga dapat membantu melindungi dari penyakit kanker tertentu serta penyakit jantung.

 

2. Bayam

Berbagai kandungan yang terdapat pada bayam serperti vitamin A, vitamin K, vitamin B, vitamin E, folat, magnesium, mangan, besi, dan kalsium tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Semua nutrisi tersebut dapat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit seperti radang sendi, kanker usus, penyakit jantung, dan osteoporosis.

 

3. Brokoli

Dengan mengonsumsi brokoli dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan K. Selain itu kandungan lainnya yaitu indoles dan sulforaphane memiliki efek yang signifikan terhadap anti kanker.

 

4. Apel

“An apple a day keeps the doctor away”. Buah apel yang mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes dan asma. Akan lebih baik lagi apabila memakan apel langsung tanpa dikupas karena gizinya banyak terletak di bawah kulit.

 

5. Anggur

Buah yang mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu ternyata antioksidan ini pun dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penangkapan penyebaran sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker lambung.

 

6. Pepaya

Enzim yang terkandung didalam buah pepaya, Papain, terkenal dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun, ternyata kulit pepaya memiliki kandungan asam khusus yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

 

Mengatur pola makan dengan makan-makanan yang lebih bergizi tentunya sama saja seperti sebagai #BekalHidupSehat dan mengurangi kemungkinannya terkena berbagai penyakit di masa depan. Selain itu, perlu juga melengkapi #BekalHidup dengan perlindungan asuransi Panin Dai-ichi Life yang siap sedia menemani kita di setiap tahap kehidupan.

Source: lifestyle.kompas.com

label icon
home 2
Actively Moving to Prevent Cancer
08 Jun 2016
label icon
home 2
8 Secrets to Achieving a Successful Career
27 Sep 2018
label icon
home 2
Insurance & Investment, What's the Difference?
20 Apr 2022
label icon
home 2
The Benefits of Caffeine for Health and the Risks to Watch Out for
25 Nov 2022