Berita

Panin Life Jalin Kerjasama Dengan Dai-ichi Life Insurance, Jepang

04 Jun 2013

JAKARTA, 4 JUNI 2013 "“ Sebagai bagian dari langkah strategis untuk memajukan bisnis, Panin Life telah meresmikan kerjasama dengan mitra bisnis asing dari Jepang, Dai-ichi Life Insurance Company, Ltd (Dai-ichi Life), yang ditandai dengan penandatanganan simbolis oleh manajemen kedua belah pihak yang dilakukan hari ini. PT Panin Financial Tbk, sebagai perusahaan induk dari Panin Life, telah setuju dengan Dai-ichi Life untuk merampungkan kontrak pembelian saham baru untuk 40% saham efektif dari Panin Life, dengan nilai sebesar Rp 3,3 triliun. Transaksi ini masih memerlukan persetujuan dari Regulator terkait.

Dai-ichi Life merupakan salah satu grup perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Jepang, dan memiliki jaringan operasional yang tersebar di Asia Pasifik, Eropa, Amerika dan Australia. Dai-ichi Life adalah perusahaan publik di Jepang dan memiliki jejak rekam pengalaman selama lebih dari 100 tahun di sektor industri asuransi jiwa. Saat ini, Dai-ichi Life didukung oleh lebih dari 44 ribu agen dan kekuatan finansial yang solid, dengan total aset sebesar lebih dari JPY 35,694,411 juta (atau sebesar USD 379 miliar) per tanggal 31 Maret 2013.

Simon Imanto, Wakil Presiden Direktur Panin Life mengatakan "Kemitraan strategis ini merupakan salah satu tonggak utama bagi Panin Life dan membuka peluang baru dalam pertumbuhan bisnis; kolaborasi dengan Dai-ichi Life akan lebih memperkuat posisi bisnis kami di Indonesia." Kedepannya, dalam kerjasama ini Dai-ichi Life akan memberikan kontribusi dengan pengalaman yang luas dan keahlian, khususnya di bidang aktuaria, manajemen risiko, distribusi serta pelatihan.

Mr. Hideto Masaki, Representative Director, Deputy President, Group Management Headquarters menambahkan "Indonesia, sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, adalah salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di pasar asuransi dengan total premi asuransi jiwa sebesar kurang dari 2% dari PDB. Memasuki pasar asuransi Indonesia merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan internasional kami dan akan memperkuat kehadiran kami di pasar negara berkembang. Kami akan menerapkan strategi yang berbeda melalui produk, distribusi dan layanan kepada pelanggan. Dengan menggabungkan kekuatan kami, kami yakin bahwa kami akan membangun sebuah perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat.

Per 31 Desember 2012, Panin Life memiliki total aset Rp 3,9 triliun dengan total ekuitas dan pendapatan premi bruto sebesar Rp420 miliar dan Rp2,3 triliun. Inisiatif ini akan menjadi landasan untuk lompatan kuantum pertumbuhan Panin Life dalam memperkuat eksistensinya di industri asuransi jiwa di Indonesia.

Bank of America Merrill Lynch adalah penasihat keuangan tunggal Panin Financial dan Panin Life dalam transaksi ini.

Baca juga : Panin Dai-Ichi Life Memasuki Era Baru Melalui Kerjasama Joint-Venture Dengan Nama Brand Baru

label icon
home 2
Panin Dai-ichi Life Bayarkan Klaim Kesehatan Rp 1,4 Miliar di Medan
13 Mar 2024
label icon
home 2
Panin Dai-ichi Life Raih Enam Penghargaan Unit Link Terbaik 2024 dari InvestorTrust
28 Feb 2024
label icon
home 2
Panin Dai-ichi Life Luncurkan Produk Asuransi Syariah
29 Jan 2024
label icon
home 2
Panin Dai-ichi Life Kembali Raih Best Public Relations di Ajang IPRA 2024
25 Jan 2024